Selasa, 01 Maret 2016

MAKALAH PASAR OLIGOPOLI DAN PASAR FAKTOR PRODUKSI



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pasar merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada di kalangan kelas bawah atau pun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Sedangkan kegiatan produksi membutuhkan input-input yang disebut factor produksi. Meskipun tidak terdapa tkesepakatan baku tetapi fakto rproduksi biasanya terdiri atas alam, modal, tenaga kerjadan kewirausahaan.
Seperti kita ketahui bahwa untuk dapat melakukan kegiatan produksi, diperlukan faktor-faktor produksi, karena factor produksi tidak dimiliki oleh rumah tangga perusahaan, berarti untuk penyediaan factor produksi harus melalui jual beli factor produksi. Dari kebutuhan tersebut terbentuklah pasar factor produksi.
Pasar factor produksi dalam ilmu ekonomi diartikan keseluruhan penawaran dan permintaan faktor-faktor produksi yang terdapat dalam suatu daerah / wilayah tertentu. Dalam pasar factor produksi ada beberapa hal yang membedakan dengan pasar barang.
B.     Rumusan Masalah
1.      Mengetahui apa saja karakteristik pasar oligopoli ?
2.      Mengetahui faktor-faktor penyebab terbentuknya pasar oligopoli ?
3.      Mengetahui bagaimana keseimbangan oligopolis ?
4.      Mengetahui apa itu duopoli ?
5.      Mengetahui konsep-konsep dasar ?
6.      Mengetahui faktor-faktor penentu permintaan dan penawaran  terhadap faktor produksi ?
7.      Mengetahui bagaimana pasar tenaga kerja berstruktur persaingan sempurna, monopoli (monopolistic labour market) ?
8.      Mengetahui apa itu monopsoni (monopsony), monopoli bilateral (bilateral monopoly), pasar tanah (land market) ?

C.    Tujuan Makalah
Makalah ini menjelaskan tentang pasar oligopoli kita dapat mengetahui apa itu pasar oligopoli, karakteristiknya seperti apa, faktor terbentuknya dan apa itu duo poli. Dan juga menjelaskan tentang pasar faktor produksi : tenaga kerja dan tanah kita dapat mengetahui apa konsep dasarnya, penentu penawar dan permintan terhadap faktor produksi, dan apa itu persaingan sempurna dan monopoli, monopsoni (monopsony), monopoli bilateral (bilateral monopoly), pasar tanah (land market).









BAB II
PEMBAHASAN

PASAR OLIGOPOLI
Struktur pasar atau industri oligopoli adalah pasar (industri) yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan memiliki kekuatan (cukup) besar untuk memengaruhi harga pasar.
Seorang oligopolis memperkirakan permintaan juga tergantung pada reaksi apa yang akan dilakukan lawan-lawannya terhadap perubahan harga yang diambil.
A.    Karakteristik Pasar Oligopoli
·         Hanya Sedikit Perusahaan Dalam Industri (Few Number Of Firms)
Secara teoritis sulit sekali untuk menetapkan berapa jumlah perusahan di dalm pasar, agar dapat dikatakan oligopoli. Namun untuk dasar analisis biasanya julah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh. Dalam kasusu tertentu hanya terdapat dua perusahaan (duopoli). Kekuatan perusaha-perusahan dalam industri dapat diukur dengan menghitung rasio konsentrasi (concentration ratio). Rasio konsentrasi menghitun beberapa persen output dalam pasar oligopoli dikuasai oleh perusahaan-perusahaan yang dominan (empat sampai dengan delapan perusahaan).
·         Produk Homogen atau Terdiferensiasi (Homogen or Differentiated Product)
Dilihat dari sifat output yang dihasilkan, pasar oligopoli merupakan peralihan antara persaingan sempurna dengan monopoli. Perbedaan sifat output yang dihasilkan akan mempengaruhi perilaku perusahaan dalam upaya mencapai kondisi optimal (laba maksimum). Jika dalam pasar persaingan sempurna perusahaan mengatur jumlah output (output strategy) untuk mengatur tingkat laba, dalam pasar monopoli hanya satu perusahaan yang mampu mengendalikan harga dan output, maka dalam pasar oligopoli berbentuk persaingan antarperusahaan asalah persaingan harga (pricing strategy) dan non harga (non pricing strategy).
Semakin besar tingkat diferensiasinya, perusahaan makin tidak tergantung pada kegiatan perusahaan-perusahaan lainnya.
Di luar unsur modal, rintangan untuk masuk ke dalam industri oligopoli yang menghasilkan produk homogen lebih sedikit, karena pada industri oligopoli dengan produk diferensiasi sangat berkaitan dengan loyalitas konsumen terhadap produk (merek) tertentu.
·         Pengambilan Keputusan Yang Saling Memengaruhi (Interdependence Decisions)
Keputusan perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan memengaruhi perusahaan lainnya, baik yang sudah ada (existing firms)maupun yang masih di luar industri (potential firms). Karenanya guna menahan perusahaan potensial untuk masuk industri, perusahaan yang sudah ada menempuh strategi menetapkan harga jual terbatas (limiting prices), yang membuat perusahan menikmati laba super normal di bawah tingkat maksimum.
·         Kompetisi Non Harga (Non Pricing Competition)
Bentuk-bentuk kompetisi non harga antara lain adalah pelayanan purna jual serta iklan untuk memberikan informasi, membentuk citra yang baik terhadap perusahaan dan merek, serta memengaruhi perilaku konsumen.
B.     Faktor –Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli
·         Efisiensi Skala Besar
Teknologi padat modal (capital intensive) yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya rata-rata minimum) baru tercapai bila output diproduksi dalam skala sangat besar.
Tidak mengherankan jika dalam oligopoli hanya terdapat sedikit produsen.
·         Kompleksitas Manajemen
Struktur pasar oligopoli ditandai dengan kompetisi harga dan non harga. Perusahaan juga harus cermat memperhitungkan setiap keputusan agar tidak menimbulkan reaksi yang merugikan dari perusahaan pesaing. Karena itu dalam industri oligopoli kemampuan keuangan yang besar saja tidak cukup sebagian modal untuk bertahan dalam industri. Perusahaan juga harus memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik agar mampu bertahan dalam struktur industri yang pesaingnya begitu kompleks. Tidak banyak perusahaan yang memiliki kemampuan tersebut, sehingga dalam pasar oligopoli akhirnya hanya terdapat sedikit produsen.
C.    Keseimbangan Oligopoli  
Perusahaan yang bergerak dalam pasar oligopoli disebut oligopolis (oligopolist). Sebagai produsen, keseimbangan terjadi bila laba maksimum tercapai. Analisis keseimbangan oligopoli tidak menenkankan dimensi waktu melainkan kompetisi. Perusahaan seimbang atau tidak bukan saja dilihat dari kemampuan mengatur output dan harga, tetapi juga kemampuan memprediksi perilaku pesaing. Karena itu oligopolis akan mencapai keseimbangan jika perusahaan dapat melakukan apa yang dapat dilakukan dan tidak mempunyai alasan lagi untuk mengubah jumlah output dan harga. Demikian juga para pesaing.
D.    Duopoli
Duopoli (duopoly) adalah keadaan khusus di mana dalam pasar oligopoli hanya ada dua perusahaan. Model ini dikembangkan untuk melihat lebih tajam interaksi antarperusahaan dalam pasar oligopoli.
·         Model Cournol (Cournot Model)
Duopolis tercapai bila biaya marjinal adalah nol (MC = 0). Dengan pembuktian matematis, duopolis (apabila masing-masing perusahaan tidak saling berinteraksi) akan mencapai keseimbangan bila output masing-masing perusahaan adalah separuh jumlah permintaan pada saat harga P=0.

Kondisi Laba Maksimum
Oligopolis Dengan MC=0
                                               







                                                                                                                                                                                                                                                                          
Masing-masing duopolis (perusahaan yang beroprasi dalam pasar duopoli) mempunyai daya monopoli yang sama. Keputusan jumlah output yang diproduksi duopolis berdasarkan asumsi bahwa output duopolis yang satu (sainganya) sudah diputuskan dan tidak akan berubah.
            Misalkan permintaan pasar adalah :
Q=30-P ................................................................................. (11.1)
Atau
P=30-Q
Di mana : Q=Q1+Q2
Maka penerimaan total duopolis yang pertama (TR1) dan kedua (TR2) adalah jumlah output yang dijual dikalikan harga jual.
TR1=P x Q1
       =(30-Q) x Q1 ={(30- Q1+ Q2)} x Q1
          =30Q1 - Q1- Q1 Q2 .........................................................................................    (11.2)
Laba maksimum tercapai bila MR=0
MR= 30 -2 Q1- Q2 =0................................................................  (11.3)
Q1= 15 – ½ Q2 ........................................................................... (11.4)

Persamaan (11.4) merupakan kura reaksi V, karena menunjukkan bersarnya output yang diterapkan duo polis pertama berdasarkan perkiraan output duopolis kedua. Dengan cara yang sama kita dapat menurunkan kurva reaksi duopolis kedua (Q2).
Q2= 15-1/2 Q1 ............................................................................. (11.5)
Kedua kurva reaksi dapat digambarkan dalam berikut ini.











Kedua duopolis akan mencapai keseimbangan bila reaksinya sama (Q1 = Q2). Dengan penyelesaian matematika sederhana, keseimbangan akan tercapai pada saat Q1 = Q2 =10 unit. Jika P= 30 – Q, naka harga keseimbangan adalah 20. Keseimbangan ini disebut keseimbangan cournot (cournot equilibrium) atau titik cournot (cournot point). Dalam keseimbangan cournot terjadi di titik C.

Pada titik cournot terjadi keseimbangan yang stabil, setiap gerakan menjauhi titik itu akan didiorong untuk kembali ke titik keseimbangan, dimana masing-masing menghasilkan 1/3 dari output total industri. Model ini dapat dikembangkan untuk lebih dari dua perusahaan yang bersaing. Apbila terdapat n perusahaa dalm industri, maka masing-masing perusahaan akan menghasilkan 1/(n+1) dari output total industri, atau secara bersama-sama mereka menghasilkan sebanyak n/(n+1) dari output total industri.

·         Teori Permainan (Game Theory) menjelaskan perilaku perusahaan dalam pasar duopoli secara lebih realitis. Menurut teori ini duopolis tidak selalu mengambil keputusan secara kompetitif, tetapi juga kerja sama (cooperatif). Strategi manapun yang dipilih, dasar pertimbangannya adalah berapa besar hasil yang diperoleh (pay off).
Model Dilema Narapidana (Prisoners’ Dilemma Model)
Menjelaskan sikap seseorang mengambil keputusan dalam keadaan tidak dapat berkomunikasi dengan teman atau lawannya.             
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  








PASAR FAKTOR PRODUKSI: TENAGA KERJA DAN TANAH
A.    Pengertian Pasar Faktor Produksi atau Pasar Input
Kegiatan produksi ini akan dapat berjalan dengan baik apabila faktor produksi yang dibutuhkan tersedia. Keberadaan faktor-faktor produksi dapat diperoleh dari pasar faktor produksi. Jadi pasar faktor produksi adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi yang berupa alam (tanah), tenaga kerja, modal (uang), dan pengusaha (entrepreneur). Penawaran faktor produksi berasal dari konsumen dan permintaan faktor produksi berasal dari produsen, sehingga akan dihasilkan output yang nantinya akan dijual kepada konsumen.
B.     Macam-macam Pasar Faktor Produksi/Pasar Input
Pasar input terdiri atas faktor-faktor produksi yang meliputi pasar sumber daya alam (tanah), sumber daya manusia (tenaga kerja), modal, dan pengusaha. Namun pada pembahasan makalah kali ini hanya Pasar Faktor Produksi Tanah dan Tenaga Kerja.
C.    Pasar Faktor Produksi Sumber Daya Alam/Tanah
Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources). Jumlah tanah adalah tetap atau penawarannya tetap atau penawarannya tetap, maka kurva penawaran tanah bersifat inelastic sempurna (berbentuk garis lurus), sedangkan permintaan akan tanah terus bertambah, sehingga harga tanah akan semakin meningkat. Bila ditunjukkan dengan grafik akan tampak sebagai berikut.



 
 



Dari gambar di atas, dapat kamu lihat bahwa dengan bergesernya kurva DD ke D’D’ dan D”D” maka harga/sewa tanah akan mengalami kenaikan.
D.    Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja/Sumber Daya Manusia
Faktor produksi tenaga kerja adalah semua tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, serta terdidik atau tidak terdidik, atau sering disebut dengan sumber daya manusia (human resources) yang melakukan kegiatan produksi barang/jasa. Sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat meningkatkan produktivitas.
Tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses produksi pada suatu perusahaan selalu mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan jumlah penduduk. Permintaan tenaga kerja oleh suatu perusahaan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya sebagai berikut..
1)      Kemajuan teknologi yang dimiliki oleh suatu Negara.
2)      Banyak sedikitnya barang yang dihasilkan.
3)      Tinggi rendahnya laba pengusaha.
4)      Adanya investasi dari pengusaha.
Kurva pada pasar faktor produksi tenaga kerja dapat digambarkan sebagai berikut.


 
s
 
D1
 
                                                                              
Q
 
Q1
 
O
 
s1
 
s
 
s1
 
D
 
D
 
D1
 
W1
 
w
 
Text Box: Upah tenaga kerja (wage)                                            




Pergeseran kurva permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi tenaga kerja.
Dari gambar terlihat bahwa kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan menjadi S1S1.. Seiring dengan ditemukannya teknologi baru, pada kurva permintaan tenaga kerja pertambahan penawarannya lebih besar daripada permintaan, sehingga upah (wage) yang diberikan mengalami penurunan dari W menjadi W1.
E.     Faktor-faktor Penentu Permintaan Terhadap Faktor Produksi (Input Demand Factors)
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap faktor produksi, yaitu sebagai berikut.
1.      Harga Faktor Produksi
Yang dimaksud dengan harga faktor produksi adalah upah dan gaji untuk tenaga kerja atau sewa untuk barang modal dan tanah. Jika faktor produksi bersifat normal, makin murah harganya, makin besar jumlah yang diminta.
2.      Permintaan Terhadap Output
Makin besar skala produksi, makin besar permintaan terhadap input.
3.      Permintaan Terhadap Faktor Produksi Lain
Bila tenaga kerja dan mesin mempunyai hubungan komplemen, meningkatnya permintaan terhadap mesin meningkatkan permintaan terhadap tenaga kerja.
4.      Harga Faktor Produksi Yang Lain
Permintaan terhadap suatu faktor produksi akan meningkat, bila harga faktor produksi substitusinya makin mahal.
5.      Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi dapat menambah atau mengurangi permintaan terhadap faktor produksi. Jika kemajuan teknologi meningkatkan pro- duktivitas maka permintaan terhadap faktor produksi meningkat. Kemajuan teknologi dapat meningkatkan permintaan terhadap tenaga kerja, bila kemajuan tersebut meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

F.     Penawaran Faktor Produksi
1.      Penawaran Tanah
Penawaran tanah bersifat inelastic sempurna, karena jumlah tanah terbatas. Apalagi bila dikaitkan dengan kriteria kesuburan dan lokasi tanah.
2.      Penawaran Tenaga Kerja
Penawaran tenaga kerja adalah jumlah tenaga kerja yang dapat disedaiakan oleh pemilik tenaga kerja pada setiap kemungkinan upah dalam jangka waktu tertentu.
a.       Tradeoff antara Kerja dan Waktu Luang
Tradeoff adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan terhadap dua hal atau mungkin lebih, mengorbankan salah satu aspek lain dengan kualitas yang berbeda. Penawaran tenaga kerja muncul dari tradeoff  antara waktu kerja dan waktu luang yang dimiliki seseorang.
G.    Pasar Tenaga Kerja berstruktur Persaingan Sempurna
Pasar tenaga kerja adalah seluruh aktivitas dari pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud disini adalah pengusaha, pencari kerja dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk dapat saling berhubungan.
a.       Permintaan Tenaga Kerja Dalam Model Satu Faktor Produksi Variabel (One Variable Input Model)
Model permintaan tenaga kerja dalam satu faktor produksi variable (one variable input model) mengasumsikan hanya tenaga kerja yang dapat diubah-ubah jumlah penggunaannya. Keputusan tenaga kerja oleh perusahaan ditentukan dengan membandingkan biaya marjinal dan penerimaan marjinal dari penambahan satu tenaga kerja. Biaya marjinal dari penambahan penggunaan satu tenaga kerja adalah upah tenaga kerja karena posisi perusahaan adalah penerima harga.
Dalam pasar tenaga kerja persaingan sempurna,kurva MPRLmerupakan kurva permintaan perusahaan terhadap tenaga kerja. Perusahaan akan mencapai keseimbangan bila MRPLsama dengan upah tenaga kerja(Diagram 12.4.a). Jika harga tenaga kerja naik, perusahaan lebih selektif dalam menggunakan tenaga kerja. Hanya yang produktivitasnya lebih tinggi dari kondisi awal yang dipekerjakan. Akibatnya kesempatan kerja berkurang dari l* ke l1. Jika upah turun dibawah W*, perusahaan menggunakan pekerja yang produktivitasnya lebih rendah, sehingga kesempatan kerja meningkat dari l* ke l2.
Description: C:\Users\ACER\Documents\ekonomi\BeautyPlus_20160214123905_save.jpg
b.      Permintaan Tenaga Kerja Dalam Model Beberapa Faktor Produksi Variabel (Multi Variables Input Model)
Model ini yaitu penambahan penggunaan tenaga kerja dapat diimbangi dengan penambahan faktor produksi lainnya (mesin).
H.    Pasar Tenaga Kerja Berstruktur Monopoli (Monopolistic Labour Market)
Tenaga kerja dapat memiliki daya monopoli faktor produksi, misalnya dengan membentuk serikat pekerja. Dengan daya monopoli, serikat pekerja dapat menentukan beberapa tingkat upah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
I.       Monopsoni (Monopsony)
Pasar monopsoni digambarkan sebagai sebuah pasar yang hanya memiliki satu pembeli dan banyak penjual. Dalam pasar tenaga kerja, hal ini bermakna hanya satu perusahaan yang membutuhkan jasa pekerja, akan tetapi ada banyak sekali tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan.
J.      Monopoli Bilateral (Bilateral Monopoly)
Pasar tenaga kerja monopoli bilateral yaitu apabila para pekerja bersatu dalam serikat pekerja dan menghadapi satu perusahaan yang membutuhkan tenaga mereka. Tingkat upah yang terjadi bisa lebih tinggi/rendah dari pasar persaingan sempurna tergantung mana yang lebih kuat, tenaga kerja atau perusahaan.
K.    Pasar Tanah
David Richardo (ekonom Inggris abad 19) adalah ekonom pertama yang membahas mekanisme penentuan harga sewa tanah untuk pertanian. Menurutnya, harga sewa tanah sangat ditentukan oleh tingkat produktivitas tanah. Makin produktif (subur), harga sewa tanah makin mahal.

                                 


BAB III
PENUTUPAN
A.    Kesimpulan

Pasar oligopoli yaitu pasar yang terdiri dari hanya beberapa produsen saja. Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli.
Berdasarkan analisis diatas dapatlah disimpulkan bahwa dalam pasar oligopoli dimana perusahaan-perusahaan tidak melakukan kesepakatan diantara mereka, tingkat harga adalah bersifat rigid, yaitu bersifat sukar mengalami perubahan. Ia cenderung untuk tetap berada pada tingkat harga yang telah ditetapkan pada permulaannya. Dan kemungkinan mengurangi persaingan dan memperoleh untung yang tidak normal ini menimbulkan akibat yang kurang menguntungkan.
Apabila terjadi perang harga dalam pasar oligopoli maka konsumenlah yang akan diuntungkan, sebaliknya jika produsen-produsen melakukan kerjasama maka konsumen yang akan dirugikan.








DAFTAR PUSTAKA
Pengantar ilmu ekonomi (mikroekonomi & makroekonomi) edisi ketiga/prhatama rahardja, mandala manurung – jakarta : lembga pnerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar