Minggu, 08 Mei 2016

Makalah Filsafat Ilmu



BAB I
PENDAHULUAN




A.            Latar Belakang
Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peran filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Kelahiran filsafat di Yunani yang ditandai dengan peralihan pemikiran dari pandangan mitos yang akhirrnya lenyap digantikan dengan pandangan logos (rasio) yang menjadi dominan. Dengan filsafat, pola pikir yang tergantung pada dewa diubah menjadi pola pikir rasio. Bisa dikatakan bahwa berfilsafat berarti berpikir secara modern.
Perubahan dari pola pikir mite-mite ke rasio membawa implikasi yang tidak kecil. Alam dengan segala gejalanya, yang selama itu ditakuti kemudian didekati dan bahkan dikuasai. Perubahan yang mendasar adalah ditemukannya hukum-hukum alam dan teori-teori ilmiah yang menjelaskan perubahan yang terjadi, baik alam semesta maupun pada manusia sendiri. Dari penelitian alam semesta dan manusia, muncullah ilmu-ilmu seperti astronomi, kosmologi, fisika, kimia, biologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya. Ilmu-ilmu tersebut kemudian menjadi lebih terspesialisasi dalam bentuk yang lebih khusus lagi dan sekaligus semakin aplikatif dan terasa manfaatnya.
Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang merefleksi, radikal, dan integral mengenai hakikat ilmu pengetahuan itu sendiri. Filsafat ilmu merupakan penerusan dalam pengembangan filsafat pengetahuan (epistemologi), sebab ‘pengetahuan ilmiah’ tidak lain adalah a high level dalam perangkat pengetahuan manusia dalam arti umum sebagaimana kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian filsafat ?
2.      Apa pengertian filsafat ilmu ?
3.      Bagaimana sistematika filsafat ?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Memnuhi salah satu tugas mata kuliah Filsafat Ilmu.
2.      Mengetahui dan memahami apa itu filsafat.
3.      Mengetahui dan memahami filsafat ilmu.
4.      Memahami sistematika filsafat diantaranya, epistemologi, ontologi, dan aksiologi.


















BAB II
PEMBAHASAN




A.            Pengertian Filsafat dan Filsafat Ilmu
Pengertian filsafat, dalam sejarah perkembangan pemikiran kefilsafatan, antara satu ahli filsafat dan ahli filsafat lainnya selalu berbeda dan hampir sama banyaknya dengan ahli filsafat itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar